Filosofi Logo BEMJ PGSD


Bismillaahirrohmaanirrohiim


SEMANGAT PAGI... PARA PEJUANG PENDIDIKAN

Pada Post pertama ini admin akan membahas nih tentang apa si arti dari logo PGSD. Baiklah pertama admin akan menjelaskan sejarah tentang logo BEMJ PGSD. Sebenarnya logo BEMJ PGSD yang sekarang itu berbeda dengan yang dahulu, yaitu pada bulan sabitnya yang dahulu berwarna kuning sekarang menjadi warna putih hal ini di sebabkan karena KAJUR pada saat itu tidak menghendaki warna kuning pada bulan sabitnya. Pada logo yang terdahulu juga terdapat tulisan Pendidikan Guru Sekolah Dasar di atas tulisan fakultas, namun karena ada masukan dari ketua BEMJ PGSD saat itu dan beberapa pihak yang minta agar tulisan itu di hilangkan hal ini untuk efektifitas dan efisiensi ukuran logo. Sebenarnya cukup terpaksa untuk melakukan penyesuaian itu sejak logo dibuat.

Dalam pewarisan arti dari logo BEMJ PGSD ini juga sempat terputus. Sebenarnya sudah disiapakan salinan arti dari logo BEMJ PGSD secara lisan dan tulisan. Sempat juga pernah terdengar kabar akan dimasukan ke blog BEMJ PGSD namun tidak terlaksana. Hal ini membuat pengurus BEMJ PGSD pada periode berikutnya tidak mengatahui arti dari logo BEMJ PGSD. Bahkan sempat ada kabar logo BEMJ PGSD ingin di ganti, karna ada yang bilang logo ini tidak keren, tidak jelas dan lain – lainya.

Tapi Berkat kerja keras ketua BEMJ PGSD periode 2013-2014 yaitu Ilham Mulkarim, yang menanyakan arti dari logo kepada pengurus terdahulu, akhir diketahui arti dari Logo BEMJ PGSD yaitu, mengapa di berikan warna dasar putih. Hal ini agar menunjukan rasa ketulusan hati, rasa ihklas dalam berkarya dan berkontribusi. Berharap juga semangat ketulusan hati dan tanpa rasa pamrih ini senantiasa melekat pada setiap pengurus BEMJ PGSD. Karena dengan semangat ketulusan seperti ini yang akan mampu menghadirkan  rasa loyalitas dan kesungguhan dalam menjalankan peran dan tanggung jawab yang diemban setiap pengurus.Kelak hal ini  akan memperkuat kepribadian pengurus BEMJ PGSD yang notabennya sebagai calon guru juga calon pemimpin masa depan menjadi pribadi intergritas dan amanah serta terpercaya.

Segitiga pada logo BEMJ PGSD, melambangkan bahwa BEMJ PGSD memiliki 1 fokus tujuan mulia. Tentunya sangat positif yakni sebagai salah satu sarana untuk melayani masyarakat PGSD dan menjadi jembatan untuk menyukseskan hadirnya  guru – guru hebat, profesional, dan keren. Di berikan warna hijau karena kita bagian dari keluarga besar UNJ yang dikenal sebagai kampus hijau dan hijau pun melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. Karena menyambung dengan penuturan makna segitiga sebelumnya. Bahwa pendidikan yang baik itu berawal dari adanya guru yang baik akan mampu mencerdaskan individu dan akhirnya dengan bekal pendidikan yang baik tersebut, semoga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga indonesia pada akhirnya. Untuk seluruh komponen lambang di berikan bingakai hitam. Hal ini untuk menunjukan bahwa setiap hal yang ada pada BEMJ PGSD digagas dan dilakukan dengan penuh intergritas dan kekokohan sikap sehingga idealisme tujuan dan cita – cita tiap unsur logo tak mudah ternodai.

Bulatan merah pada logo BEMJ PGSD, melambangkan keberanian, kekuatan dan pantang menyerah BEMJ PGSD. Dengan segala visi, misi dan program – program yang akan direalisasikan menuju suatu cita yang mulia menyelaraskan dengan cita – cita nasional pendidikan indonesia tentunya tak akan selamanya bisa berjalan lapang, datar tanpa rintangan dan hambatan. Adalah suatu keniscayahan bahwa segala sesuatunya dipergilirkan dan tiap segala sesuatunya ada sesi ujinya. Oleh karena itu sebab itu dengan adanya merah pada bulatan lingkaran ini diharapkan bisa menjadi ruh yang senantiasa menggerakan keberanian dan semangat pantang menyerah atas segala tantangan dan rintangan yang menghadang BEMJ dalam mewujudkan visi dan misi yang mulia itu. Kenapa lingakaran? Hal ini melambangkan makna dari lingkaran itu sendiri. Lingkaran dapat dipahami sebagai suatu hubungan interakasi sosial yang sifatnya fleksibel. Mengutip dari dunia psikologi, bahwa lingakaran menunjukan kepribadian yang terbuka, penuh fleksibilitas, berjiwa sosial, mudah berbaur (inklusif). Diharapakan dengan mengambil makna lingkaran ini mampu menjiwai segenap pengurus BEMJ PGSD agar mampu berprilaku demikian. Kelak dalam masa kepengurusan yang dijalani maupun ketika nanti sudah menjadi Guru di dunia nyata akan menjumpai berbagai macam karakter orang dan bisa jadi berbagai macam peluang kerjasama dengan pihak ekstenal BEMJ. Sebab BEMJ PGSD adalah milik masyarakat, milik mahasiswa PGSD seutuhnya. Itu sebabnya dengan kepribadian yang demikian diharapakan memudahkan para pengurus untuk mengakomodir aspirasi dan kebutuhan mehasiswa PGSD dan masyarakat sekitar PGSD lainnya. Sebab kebermanfaatan BEMJ PGSD hendaknya tak hanya di rasakan mahasiswa PGSD semata melainkan juga masyarakat di sekitar kampus PGSD atau lainnya.


Bulan sabit pada logo BEMJ PGSD,bulan sabit yang dulunya berwarna kuning ini dan diganti menjadi warna putih. Bulan sabit putih yang terinspirasi dari bulan yang ada di semesta. Sebagaimana fungsi bulan yang sebagai satelit alami bumi yang selalu mengitari bumi. Maka diharapakan kehadiran BEMJ PGSD bisa menjadi satelit bagi pendidikan dasar di Indonesia. Ini adalah impian yang berproyeksi jangka panjang. Mungkin masih jauh perjalanan BEMJ PGSD kita ini untuk sampai di titik koordinat satelit itu namun bukan artinya tak mungkin untuk samapi di sana. Ini mimpi yang hadir pada tahun 2006 yang masih cukup bergelora sampai hari ini kalau mengingatnya, begelora artinya masih optimis BEMJ PGSD UNJ akan bisa. Kenapa bulannya putih? Karena sejatinya cahaya bulan berwarna putih sebagaimana ketika pentengahan bulan kalender hijriah, disebut sebagai masa bulan pituh ketika tanggalnya pengtengahan tersebut. Sebab pada saat itu bulan penuh dan tampak benderang bercahaya putih. Putih yang bermakna terang.


Komentar

Posting Komentar