PGSD EXPO 2023 BERJALAN SUKSES!

 PGSD EXPO 2023

( MOTIVATE : Meaningful Of Technology Into Children's Character Education )


Pada saat ini kita sedang dihadapi oleh era digitalisasi. Era digital adalah suatu kondisi zaman ataupun kehidupan yang mana seluruh kegiatan yang mendukung dalam berbagai kehidupan yang dipermudah dengan adanya teknologi yang serba canggih. Pendidikan di era digital merupakan pendidikan yang harus mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi ke semua mata pelajaran. Dengan berkembangnya pendidikan di era digital, sangat membantu siswa untuk mendapatkan dan banyak menyerap informasi secara cepat dan mudah. 

PGSD EXPO pada tahun ini mengangkat tema  ''MOTIVATE : Meaningful Of Technology Into Children's Character Education ) '' yang mana pada tahun ini membawa PGSD EXPO pada tahun ini bertemakan bagaimana pembentukan atau pendidikan karakter pada anak usia dini dan sekolah dasar dalam menghadapi era digitalisasi serta untuk menambah wawasan mahasiswa khususnya Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang nantinya menjadi seorang pendidik agar mampu memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam menghadapi perkembangan anak nantinya

PGSD EXPO 2023 berjalan melalui kolaborasi antar 2 departemen di BEMP PGSD FIP UNJ, yakni Departemen Pendidikan dengan Departemen Komunikasi dan Informasi, acara ini diketuai oleh Ihsan Ridho (PGSD 2022) dari Departemen Pendidikan beserta para koordinator lainnya.

PGSD EXPO 2023, dibagi menjadi 2 rangkaian, yang pertama ada perlombaan. Perlombaan PGSD EXPO berjalan secara platform online yakni ada : lomba essay, lomba poster dan lomba media pembelajaran. Dalam perlombaan ini hal menariknya ialah jika menang para juara akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai serta sertifikat. Perlombaan PGSD EXPO 2023 berada pada tingkat nasional loh jadi masyarakat Indonesia mulai dari mahasiswa,pelajar serta tenaga pendidik bisa mengikutinya! 
Timeline perlombaan PGSD EXPO 2023 : 
  • 23- 30 Juni 2023 : pendaftaran lomba dibuka
  • 25 Juni - 03 Juli 2023 : Pengumpulan Karya
  • 04 - 06 Juli : Penilaian karya oleh juri
Selain perlombaan, setelahnya juga diadakannya seminar nasional untuk membahas pendidikan karakter yang dicampur oleh teknologi digitalisasi. Pada acara seminar ini kami mengundang ibu Anggi Mayangsari, M.Psi.,Psikolog. Yakni dosen psikologi Universitas Negeri Jakarta dan juga dimoderatori oleh Aidhella Tyas dari Departement Kominfo BEMP PGSD FIP UNJ. Acara seminar ini dihadiri oleh tenaga pendidikan, mahasiswa PGSD, mahasiswa umum di aula PGSD FIP UNJ lantai 3 pada hari Minggu, 09 Juli 2023. Dimulai dari jam 08 pagi, acara ini berjalan secara lancar berkat dukungan dari semua panitia,peserta, serta sponsor kami yakni Frisian Flag serta SariRoti, dan ada juga beberapa rekan media partner.
Selain adanya seminar, kami juga membuat exhibition kecil-kecil lan dari beberapa karya poster teman-teman peserta didepan Aula. Lalu hasil dari perlombaan pun kami umumkan saat acara seminar berlangsung.

Berikut ialah, beberapa dokumentasi PGSD EXPO 2023 :

(1.1 Penyerahan Sertifikat Pada Pemenang Lomba)

 (1.2 Dokumentasi Bersama)

(1.3 Poster Exhibition )

(1.4 Penyampaian Materi oleh Pembicara)


(1.5 Acara pembukaan oleh Ketua Umum BEMP PGSD 2023)

Komentar