Selamat Hari Pahlawan


[ Hari Pahlawan ]

Hallo, Sobat PGSD Gemilang!

"Dengar derap langkah pahlawan, Menuju medan perang, Memanggil setiap putera, Ikut bela bangsa." – Lirik PADA PAHLAWAN (C. Simanjuntak)

New York Times edisi 20 November 1945 pernah menerbitkan sebuah berita yang mengubah nama bangsa ini semakin besar. Pemberitaan tentang Perang Surabaya yang diterbitkan koran berbasis Amerika Serikat itu dengan judul: "Moslem Fanatics Fight in Surabaya." Ribuan Muslim yang mengikuti seruan ulama untuk berjihad melawan Inggris dicap sebagai "Muslim Fanatik". Namun, berkat perjuangan mereka yang dicap sebagai "Muslim Fanatik" itu membawa kita menghirup udara kemerdekaan sampai saat ini.

Fatwa jihad dari KH. Hasyim AL-Asy'ari yang dikeluarkan pada 22 Oktober 1945 dan pekikan takbir yang diteriakkan Bung Tomo lewat radio yang membakar semangat juang arek-arek Suroboyo untuk melawan penjajah Inggris. Perang Surabaya yang terjadi beberapa bulan saja sejak proklamasi kemerdekaan itu berlangsung sengit selama 3 minggu lamanya. Surabaya dengan susah payah berhasil direbut tentara Inggris, namun kerugian yang mereka alami sungguh besar. 2 jenderal mereka tewas dan ini memberikan efek kemenangan yang luar biasa secara psikologis bagi arek-arek Suroboyo.

Camkan baik-baik perkataan Buya Hamka ini, "Tuan boleh menuduh kaum Muslimin itu Fanatik. Tapi tuan harus membenarkan kata hati tuan sendiri bahwasanya fanatik umat Islam itulah modal yang sangat besar dalam kemerdekaan Indonesia. Agar tuan tahu itu bukanlah fanatik! Itulah yang bernama ghirah!

Sumber: Jejak Islam untuk Bangsa [JIB], Republika, Tirto.

BEMP PGSD FIP UNJ mengucapkan,⁣⁣⁣
Selamat Hari Pahlawan.
Wahai pahlawan baru Indonesia, mari kita ciptakan perubahan yang lebih baik bagi nusa dan bangsa.
⁣⁣⁣
⁣⁣#HariPahlawan
#10November2020⁣⁣⁣

Narahubung:⁣⁣⁣
πŸ“±Ridwan Nurrahman⁣⁣⁣
WhatsApp: https://bit.ly/RidwanNurrahman⁣⁣⁣
No. Handphone: +62 895-3263-43743⁣⁣⁣
.⁣⁣⁣
#KabinetGemilang⁣⁣⁣
#KolaborasiGemilang⁣⁣⁣
πŸ¦…πŸ¦…πŸ¦…πŸ¦…πŸ¦…πŸ¦…πŸ¦…πŸ¦…πŸ¦…πŸ¦…⁣⁣⁣
➖➖➖➖➖➖➖➖⁣⁣⁣
πŸ‘€ bit.ly/FB_BEMPPGSDFIPUNJ⁣⁣⁣
🐀 bit.ly/TWT_BEMPPGSDFIPUNJ⁣⁣⁣
πŸ“· bit.ly/IG_BEMPPGSDFIPUNJ⁣⁣⁣
πŸ†” bit.ly/LINE_BEMPPGSDFIPUNJ⁣⁣⁣
➖➖➖➖➖➖➖➖⁣⁣⁣
© BEMP PGSD FIP UNJ 2020

Komentar