Resume Buku 1st Mind Map





Judul   : 1st MIND MAP
Karya  : Sutanto Windura
Diresensi oleh : Tita Setyawati

 
Banyaknya materi yang diajarkan , ini adalah penyebab seorang anak malas belajar. Saya kurang sependapat dengan hal itu. Sebagai seorang pelajar saya merasa antusias terhadap suatu pelajaran jika saya telah mengetahui tujuan dan arti  materi belajar serta menemukan rujukan yang rinci mengenai materi belajar tersebut.

Dalam buku “1st MIND MAP”, Sutanto Windura menjelaskan bahwa perlu adanya keseimbangan terhadap tiga hal pokok dalam pembelajaran. Tiga hal pokok diantaranya yaitu: What to learn; Why to learn; dan How to learn. Keseimbangan terhadap tiga hal pokok tersebut akan berdampak pada peningkatan hasil belajar anak, kerena terpenuhinya konsep belajar pada anak.

Sutanto Windura adalah seseorang yang berpengalaman dalam pembelajaran dan pengajaran berbasis otak dan pemikiran, karena sudah sejak tahun 2002 beliau banyak memberikan seminar dan pelatihan terhadap bidang tersebut. Kurangnya perhatian terhadap bagaimana cara belajar merupakan faktor penghambat prestasi pada anak. Mind map merupakan salah satu sistem belajar yang sangat dirokemendasikan oleh pak Sutanto Windura. Sistem yang ditemukan oleh Tony Buzan ini juga merupakan sebuah sistem berpikir yang banyak digunakan diseluruh dunia. Buku 1st MIND MAP ini tidak hanya memuat tentang mind map saja, tetapi juga mengenai bagaimana cara kerja otak sehingga anda dapat memahami sitem belajar pada individu. Buku ini merupakan buku yang harus dibaca oleh setiap orang yang menginginkan sebuah revolusi belajar dalam lingkungan mereka.

Komentar