MPAJ PGSD FIP UNJ 2015

MPA merupakan kepanjangan dari masa pengenalan akademik. Kegiatan MPA ini merupakan kegiatan untuk mengenalkan lingkungan kampus kepada para mahasiswa baru. MPA merupakan rangkaian acara yang wajib untuk dilaksanakan oleh mahasiswa baru. MPAJ atau Masa Pengenalan Akademik Jurusan acara ini merupakan suatu rangkaian yang lebih spesifik lagi dari MPA dimana dalam masa pengenalan akademik jurusan mahasiswa baru lebih diperkenalkan tentang jurusannya baik berupa kampus, ruang kelas, perpustakaan, dosen-dosen dan pengenalan lainnya mengenai jurusan.
Dalam masa pengenalan akademik jurusan PGSD FIP UNJ 2015 panitia berusaha untuk menyusun kegiatan acara supaya teman-teman 2015 dapat mengenali kampus beserta prospek jurusan. Kegiatan MPAJ PGSD dilaksanakan di kampus E, Setiabudi. Kampus E Setiabudi dipilih menjadi lokasi tempat pelaksanaan MPAJ PGSD 2015 karena di kampus ini mahasiswa PGSD akan menghabiskan sebagian waktunya untuk mengikuti perkuliahan. Pelaksanaan MPAJ ini dimulai pada pukul 06.00-16.00.
Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dijalani oleh teman-teman 2015. Pada pukul 06.00 teman-teman 2015 diwajibkan untuk datang pada waktu yang telah ditentukan oleh panitia yaitu pada pukul 06.00. Selanjutnya teman-teman 2015 mengisi presensi yang disediakan oleh panitia. Teman-teman 2015 dikondisikan berbaris di halaman kampus untuk melaksanakan upacara apel pembukaan MPAJ PGSD. Saat pembukaan MPAJ PGSD FIP UNJ 2015 dilakukan dengan pelepasan balon oleh salah satu dosen. Kemudian setelah apel selesai, teman-teman 2015 diminta untuk memasuki aula yang berada di lantai 3. Teman-teman 2015 diminta untuk berbaris sesuai urutan kelompoknya. Kemudian acara MPAJ PGSD dimulai dengan sambutan dari MC yang dipandur oleh Angga Prajogo dan Ayu Kartika. Setelah itu MC memperkenalkan jargon MPAJ PGSD FIP UNJ 2015 yaitu BERAKSI (Berani, Aktif, Sinergi dan Inspiratif)  setelah itu teman-teman mahasiswa baru dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berkeliling mengenal kampus yang dipandu oleh panitia MPAJ PGSD FIP UNJ 2015. Setelah itu, teman-teman 2015 mendengarkan materi mengenai prospek PGSD supaya teman-teman 2015 lebih yakin mengenai jurusan yang dipilihnya. Kemudian ada perkenalan dengan dosen-dosen yang mengajar di PGSD, pengenalan dosen-dosen ini dipandu oleh bapak Fahrurrozi selaku sekretaris jurusan PGSD. Selain pengenalan dosen juga ada pemberian materi tentang menjadi mahasiswa berprestasi dan tipe-tipe mahasiswa. Materi ini dibawakan oleh kak Anissa Indriyani dan kak Anggita Putri. Pemberian materi ini bertujuan agar teman-teman 2015 semakin termotivasi untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi.
Kemudian pada pukul 12.00 teman-teman 2015 dipersilahkan untuk istirahat dan melaksanakan solat. Setelah waktu isoma selesai, teman-teman 2015 mengikuti kegiatan mentoring. Kegiatan mentoring merupakan kegiatan yang membahas bukan saja terkait hal keagamaan namun untuk menanyakan kegiatan akademik dan nonAkademik juga bisa ditanyakan dalam kegiatan mentoring ini. Setelah kegiatan mentoring selesai, teman-teman 2015 dipersilahkan untuk memasuki ruangan acara. Acara kembali dilanjutkan yang mana teman-teman 2015 akan dikenalkan dengan organisasi-organisasi yang ada dalam tingkat jurusan PGSD. Pengenalan organisasi ini mengundang beberapa organisasi yaitu BEMJ PGSD FIP UNJ, LLMJ PGSD FIP UNJ, MAF, Rumbel Ceria dan Comdev UNJ. Pengenalan organisasi ini dimaksudkan untuk memotivasi teman-teman 2015 supaya tidak hanya aktif dalam perkuliahan saja tetapi juga diorganisasi. Ilmu yang didapatbketika berorganisasi belum tentu didapatkan ketika di bangku perkuliahan oleh karena itu berganiasi itu penting. Setelah mengenalkan organisasi yang ada di tingkat jurusan PGSD, selanjutnya teman-teman 2015 diberi kesempatan untuk mempresentasikan tugas kelompok mengenai hasil wawancara dengan sosok yang ispiratif yaitu serang guru. Penugasan ini bermaksud untuk memberi inspirasi bagi teman-teman 2015 supaya dapat membangun karakter yang inspiratif dalam diri mereka. Setelah itu saatnya isoma. Setelah isoma teman-teman 2015 memasuki ruang acara kembali. Sebagai penutup teman-teman 2015 diminta untuk mengisi surat untuk kakak. Surat ini ditunjukan kepada kakak panitia. Setelah itu, teman-teman 2015 diminta untuk memberi poling mengenai kakak TeR-baik, Ter-jutek, Ter-wibawa, Ter-keren, dll. Dengan diumumkannya hasil poling kakak TER- maka rangkaian MPAJ PGSD FIP UNJ selesai. Sebelum pulang teman-teman 2015 diminta untuk berkumpul di halaman kampus dan mengadakan sesi foto bersama. Kemudian,teman-teman 2015 berbaris untuk pulang bersama.




 

Komentar