Pelatihan IT berbasis Aplikasi Moodle

"Mendidik Generasi Cerdas Melalui Teknologi"

Pelatihan IT berbasis Moodle adalah salah satu acara yang diselenggarakan Oleh BEMJ PGSD FIP UNJ ( Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta). Pelatihan IT berbasis Aplikasi Moodle kali ini mengusung tema “Mendidik Generasi Cerdas Melalui Teknologi”.

Dalam perkembangan era globalisasi yang sedang terjadi saat ini tidak terbendung begitu saja. Perkembangan IPTEK yang semakin maju menuntut adanya manusia yang lebih canggih dalam menghadapi perkembangan IPTEK. Perkembangan IPTEK mempengaruhi dalam berbagai bidang terutama dalam bidang pendidikan. Bidang pendidikan tidak boleh stagnan begitu saja dalam melewati era globalisasi yang sedang berkembang pesat. Oleh karena itu, perlu adanya pengajaran yang disesuaikan dengan era globalisasi. Salah satu cara untuk menjawab perkembangan globalisasi tersebut adalah dengan membuat  e-learning. Salah satu program yang dapat digunakan untuk membuat e-learning adalah Moodle.

Pelatihan IT berbasis Moodle ini bertujuan untuk menjadikan teknologi dalam pengembangan pendidikan, membekali mahasiswa dalam menguasai IPTEK, dan memberdayakan mahasiswa agar dapat menerapkan ilmu yang didapatkan ke dalam lingkungan masyarakat. Pelatihan IT berbasis Moodle ini akan dilaksanakan hari Jum’at, 13 November 2015 Pukul 07.30 s/d 16.30 WIB bertempat di Auditorium Maftuchah Yusuf, Gd. Dewi Sartika, Universitas Negeri Jakarta. Untuk mahasiswa se-JABODETABEK dan umum (Guru, Tenaga Kependidikan, dll) dapat mengikuti ini dengan mengirimkan format pendaftaran Nama_Instansi_No.HP. kirim ke:08979038673. HTM IDR20000 untuk mahasiswa dan IDR30000 untuk Umum.

Pelatih Pelatihan IT berbasis Aplikasi Moodle adalah Nur Indah Pratiwi S.Pd., salah satu Staff bidang Web Developer PUSTIKOM UNJ beliau sudah berpengalaman dalam melatih mahasiswa
UNJ untuk membuat media pembelajaran berbasis e-learning salah satu pengalaman beliau adalah menjadi trainer pusat sumber belajar di UNJ. Dalam pelatihan kali ini beliau akan mengajak peserta untuk membuat e-learning, pembuatan e-learning akan disesuai dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah-sekolah. Kali ini kami mengambil contoh materi yang ada di Kelas V SD dengan menggunakan KTSP 2006. Pertama, peserta akan diberikan langkah-langkah dalam memasukan materi menggunakan aplikasi Moodle. Penginputan materi akan disesuai dengan bahan ajar. Selanjutnya adalah membuat kuis, yaitu berupa pilihan ganda, isian, dan Essay. Dan yang terakhir adalah Penilaian yang mana dalam penilaian ini akan membantu tenaga kependidikan itu sendiri dalam mengakumulasikan nilai siswa.

Untuk meningkatkan semangat peserta, Pelatihan IT berbasis Aplikasi Moodle juga mengundang Stand Up Comedy agar para peserta tidak bosan. Hiburan tersebut akan di taruh di tengah-tengah acara yang mungkin akan meningkatkan mood peserta.

Komentar