Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi (PKMP) PGSD




   Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi (PKMP) atau yang pada tahun-tahun sebelumnya disebut PKMJ, merupakan suatu wadah untuk membentuk karakter-karakter individu menjadi lebih baik di dalam dunia kampus, terutama untuk mahasiswa baru yang baru mengenal perkuliahan serta organisasi pemerintahan di tingkat kampus. PKMP termasuk salah satu program kerja dari Departemen Kaderisasi yang bertujuan menciptakan generasi yang tangguh, kuat, dan berkualitas di masa mendatang. PKMP PGSD 2016 ini mengusung tema GRAVITASI (Generasi Religius, Aktif, Inovatif, dan Berprestasi). Acara yang berbentuk rangkaian ini terdiri dari:
Agenda
Pelaksanaan
Tempat
Briefing
7 Oktober 2016
Aula PGSD
Pra-PKMP
15 Oktober 2016
Ruang Sidang Gedung Daksinapati FIP
Pass PKMP
21 – 23 Oktober 2016
Villa Aryanti, Bogor
Pasca PKMP
29 Oktober 2016
Kampus E PGSD UNJ

  Briefing dimulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, tujuan diadakannya briefing agar peserta PKMP mengetahui pembagian kelompok, apa saja barang bawaan individu/kelompok dan tugas-tugas yang diberikan selama rangkaian PKMP berlangsung.
     Pra-PKMP dilaksanakan di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung Daksinapati FIP UNJ pukul 08.00 – 16.30 WIB. Di acara Pra-PKMP ini, peserta diberikan materi terkait Public Speaking (oleh Kak Heri), Manajemen Advokasi (oleh Kak Joko Prasetio), dan Mekanisme Pemilu (oleh Kak Fahmi). Beberapa kelompok juga mempresentasikan hasil tugas kelompok yang sudah diberikan oleh panitia. 
    Pass PKMP diadakan di Villa Aryanti, Bogor, selama 3 hari 2 malam. Selama itulah peserta ditempa agar menjadi pemimpin yang kuat dan bertanggung jawab. Peserta disana melakukan diskusi pendidikan bertemakan “Full Day School”.
Peserta sedang Diskusi Pendidikan "Full Day School"
    Selain itu juga peserta diberikan materi terkait Leadership dan Manajemen Organisasi (oleh Bang Ronny Setiawan), Mekanisme Sidang (oleh Kak Lutfi), Kapita Selekta Legistlatif (oleh Kak Nesya), Kapita Selekta Eksekutif (oleh Kak Septian Dicky), Muhasabah (Kak Bagus Isra), dan Pergerakan Mahasiswa (oleh Kak Rizky Fajrianto).
Muhasabah oleh Kak Bagus Isra
  Peserta juga diberikan pelatihan Simulasi Aksi pada saat hari ketiga pelatihan, agar merasakan bagaimana rasanya berjuang membela hak-hak rakyat tidak bersalah yang ditindas. Menjelang pulang, diadakan pula senam dan games seru agar menjadikan pikiran kembali rileks.
Peserta PKMP sedang melakukan senam

    Kegiatan Pasca PKMP dilaksanakan di Kampus E PGSD. Disini peserta diberikan tugas untuk membuat acara yang berisikan lomba untuk anak-anak di sekitar kampus dari pukul 08.00 hingga pukul 11.30 WIB. Selanjutnya pada pukul 13.00 WIB, acara dilanjutkan di Aula PGSD dengan agenda evaluasi acara, pengenalan kepanitiaan PKMP, pemilihan kakak ter-, serta ditutup dengan foto bersama para peserta PKMP 2016.

Komentar