SEMINAR MENDONGENG 2016

       SEMINAR MENDONGENG atau SEMDONG adalah sebuah seminar yang mengkaji dan memperdalam terkait “Mendongeng”. Seminar Mendongeng merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pendidikan BEMP PGSD 2016. Seminar Mendongeng 2016 mengusung tema HOTTEL (How to Educate with Story Telling). Seminar ini mengundang 2 pembicara keren dan sudah tidak diragukan lagi pengalamannya dalam bidang mendongeng, yakni Rona Mentari dan Moh. Sultoni Alkautsar (Kak Tony). Bertempat di Aula Kampus E PGSD, seminar ini dihadiri kurang lebih 100 peserta, dimana ada Dosen PGSD (Ibu Gustiyarmi/Dosen rumpun Bahasa Indonesia), yang turut hadir menyimak materi dari Kak Rona Mentari dan seorang guru yang datang dari awal hingga selesai.
     Acara dimulai pukul 13.00 WIB dengan pembukaan MC oleh Uhar dan Putri serta sambutan dari Ketua Pelaksana, Wiby Liansyah, Ketua BEMP PGSD, Angga Prajogo, dan Bapak Julius selaku Sekretaris Prodi. Pembicara pertama (Rona Mentari) mulai membawakan materi nya tentang apa itu mendongeng, bagaimana cara mendongeng yang asyik dan disenangi oleh anak-anak. Pembicara yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi pengalamannya, karena salah satunya ia pernah mengikuti “Sydney International Storytelling Festival 2014”. Kak Rona ini juga merupakan founder dari Rumah Dongeng Mentari di Yogyakarta (www.rumahdongengmentari.blogspot.com) serta produser dari DONGENG.TV.
Kak Rona Mentari sedang menyampaikan materi
       Pembicara pertama selesai. Kemudian dilanjutkan dengan agenda Ishoma selama 30 menit. Pukul 15.30 WIB, acara kembali dimulai dengan pembicara kedua yang tidak kalah menariknya dengan sebelumnya, yakni Kak Tony. Ia membawakan materi terkait implementasi mendongeng, ia juga menyampaikan bagaimana persiapan diri kita jika ingin mendongeng dengan baik. Dengan pembawaan materi yang cukup ekspresif dan menyenangkan, membuat waktu yang berlalu tidak begitu terasa. 

Kak Tony sedang menyampaikan materi
        Sampailah di akhir acara, ada pembagian Doorprize bagi peserta yang beruntung. Pukul 17.00 WIB acara selesai dan peserta yang sudah hadir dipersilahkan untuk pulang serta mengambil sertifikat di depan Pintu Aula PGSD.


Komentar