Press Release PKKMBP (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiwa Baru) PGSD FIP UNJ 2020

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiwa Baru merupakan sebuah kegiatan untuk mengenal lebih dekat program studi khususnya PGSD ini. PKKMBP PGSD tahun ini mengusung tema CAKRAWALA (Cakap, Aktif, Kreatif, Berwawasan Luas dan Kolaboratif). PKKMBP PGSD ini dilaksanakan pada tanggal  12, 17, 18 dan 19 September 2020 melalui aplikasi Zoom dan Google Classroom.

Briefing PKKMBP dilaksanakan pada tanggal 12 September 2020 dan dimulai pukul 07.00 WIB untuk registrasi dan sidak peserta. Adapun di Briefing ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan, antara lain pembukaan oleh mc sdr. Muhammad Irfansyah dan sdri. Ayu Amalia. Selanjutnya, tilawah oleh sdr. Gumna Al Wasi. Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Totalitas Perjuangan dan Buruh Tani. Sambutan oleh Ketua Pelaksana sdr. Muhammad Taufik Rochman dan Ketua BEMP PGSD FIP UNJ 2020 sdr. Ridwan Nurrahman. Setelah sambutan, ditampilkan video pengenalan panitia lalu video pengenalan 4 lembaga (RUMBEL, MAF, LLMP, dan BEMP). Setelah penampilan 4 lembaga, ditampilkan video-video penampilan komunitas (Asik, Tari, Psiko, Futsal, Voli). Selanjutnya, pembagian kelompok yang dibacakan oleh sdri. Kofifah Inggit dan yang terakhir sosialisasi sidak oleh sdri. Hanna Diva dan selesai pukul 13.27 WIB.
PASS PKKMBP PGSD 2020 dilaksanakan pada tanggal 18 September 2020 dan dimulai pukul 06.00 WIB untuk registrasi dan sidak peserta. Selanjutnya, pukul 07.18 - 07.45 WIB diadakannya Focus Group Discussion yang dimana setiap pagi masing-masing agama melakukan kegiatan mentoring. Acara PKKMBP dibuka pada pukul 08.03 WIB oleh mc sdr. Muhammad Febitiyan dan sdri. Alifia Alfatihah, selanjutnya tilawah oleh sdr. Gumna Alwasi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PGSD dan Totalitas Perjuangan.  Lalu, sambutan oleh Dosen bidang Kemahasiswaan, Ibu Yustia Suntari, M.Pd dan sambutan Koordinator PRODI Bapak Fahrurrozi, M.Pd. Setelah acara sambutan, ada pembacaan tata tertib selama rangkaian PKKMBP PGSD 2020 ini. Pukul 08.40 - 09.42 WIB terdapat materi pengenalan Goggle Classrom oleh Ibu Uswatun Hasanah, M.Pd lalu penampilan Video Tutorial Pengisian Biodata dan KRS. Tahun ini, PPKMBP PGSD 2020 ini setelah penyampaian materi diadakan post test. Selanjutnya ada Ice Breaking, lalu materi Pengenalan Prodi oleh Bapak Fahrurrozi, M.Pd. Untuk pengenalan prodi ini, ditampilkan video profil kampus, ppt profil dosen. Yang dimana, pada materi ini para dosen hadir menyapa Mahasiwa Baru.  
Pada pukul 11.51 - 12.50 WIB ishoma. Pengondisian peserta dan dimulai kembali pukul 13.00. Selanjutnya Pukul 13.10, penyampaian materi terkait Kurikulum Prodi oleh Ibu Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd. Setelah itu terdapat materi terakhir yang wajib diterima Mahasiswa Baru terkait Pencegah terhadap Bahaya Radikalisme dan Terorisme  melalui streaming youtube dan ditampilkan melalui aplikasi zoom. PASS PKKMBP PGSD 1 selesai pukul 15.15 WIB. 

PASS PKKMBP PGSD 2020 hari Kedua dilaksanakan pada tanggal 18 September 2020 dan dimulai pukul 07.00 WIB. Dilakukan melalui via Google Classrom dan WhatsApp group. Ada 2 materi yang disampaikan. Materi 1 yaitu Membangun Mahasiwa yang Unggul, Berprestasi dan Peduli di Masa Pandemi oleh Ir. H. Ahmad Riza Patria, M.B.A melalui streaming di YouTube. Lalu selanjutnya materi 2 yaitu Meningkatkan Pengetahuan Mahasiwa dalam Penanggulangan Bencana Alam oleh Ir. Wisnu Sidjaja, MSc melalui streaming di YouTube.

SAYONARA PKKMBP PGSD 2020 dilaksanakan pada tanggal 19 September 2020 dan dimulai pukul 06.00 WIB untuk registrasi dan sidak peserta. Lalu selanjutnya, kegiatan Focuss Group Discussion. Pembukaan oleh mc sdr. Prasetyo Wiguna dan sdri. Ayu Amalia. Pembacaan ayat suci al-qur'an oleh sdr. Gumna Al Wasi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PGSD dan Totalitas Perjuangan. Selanjutnya, penampilan grand design oleh Calon Ketua Angkatan. Lalu setelahnya penyampaian materi oleh Ibu Evita Adnan, M.Psi terkait etika dan budaya PGSD yang dimoderatori oleh Jihan Fadia. Setelah penyampaian materi, terdapat Talkshow Mahasiswa Berprestasi oleh Kak Elyana Hidayat dan Kak Yoga Adi Pratama yang dimoderatori oleh sdri. Synthia Lanie dan pemaparan tentang edukasi beasiswa. Setelah ishoma, terdapat materi Solidaritas di Masa PJJ ini oleh kak Latu Marta Caraka yang dimoderatori oleh sdr. Muhammad Febitiyan yang juga dilanjutkan dengan diskusi. Setelah itu, pengesahan Ketua Angkatan PGSD 2020. Lalu, pengumuman peserta terbaik dan penampilan hiburan dari Sendratari dan kemudian ditutup oleh mc pukul 15.15 WIB.

Itulah Rangkaian PKKMBP PGSD 2020. Sekali lagi kami mengucapkan, Selamat Datang kepada Mahasiswa Baru Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2020. Semangat Berproses

Komentar