Press Release PGSD Training Camp 2020


PGSD Training Camp 2020 merupakan salah satu program kerja Departemen Kaderisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 2020 (BEMP PGSD UNJ 2020) yang menyediakan pelatihan kepemimpinan kepada para mahasiswa prodi PGSD FIP UNJ bersifat pelatihan untuk mengetahui lebih lanjut terkait wawasan organisasi tingkat program studi. Selain itu mahasiswa dapat mengimplementasikan keterampilan kepemimpinan, manajerial, serta komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. PTC tahun ini mengusung tema CITRALOKA (Cerdas, Inovatif, Ramah, Loyalitas, dan Berkarakter). Kegiatan ini terdiri dari tiga rangkaian acara yang dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2020, lalu dilanjutkan pada 01, 07, dan 08 November 2020 melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting
 

Pra PTC 2020 dilaksanakan pada 31 Oktober 2020 dan dimulai pada pukul 07.00 WIB untuk registrasi dan pengondisian peserta. Adapun di Pra ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan, antara lain pembukaan oleh MC sdr. Muhammad Irfansyah dan sdri. Selviana Dewi. Selanjutnya, tilawah oleh sdr. Gumna Al Wasi. Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PGSD, dan Totalitas Perjuangan. Sambutan oleh Ibu Yustia Suntari, M.Pd selaku Dosen Bidang Kemahasiswaan PGSD FIP UNJ, sdr. Muhammad Feby Tian Syahputra selaku Ketua Pelaksana, dan sdr. Ridwan Nurrahman selaku Ketua BEMP PGSD FIP UNJ 2020. Setelah sambutan, terdapat pembacaan tata tertib oleh sdri. Dian Ayu Oktavia. Kemudian, pembagian tugas kelompok yang dibacakan oleh sdr. Jihan Fadia. Setelah itu, ada ice breaking dan dilanjutkan dengan pemaparan materi Manajemen Advokasi oleh sdr. Ronaldo Dwi Prasetyo. Lalu, ada pemaparan materi Public Speaking and Leadership yang dipaparkan oleh sdr. M. Alfian Fadhilah. Setelah pemaparan materi, ada ice breaking. Dilanjutkan dengan penyampaian materi Mekanisme Pemilu oleh sdr. Muhammad Iqbal Arasid, dan penutupan acara pada pukul 12.42 WIB.

 
Pass 1 PTC 2020 dilaksanakan pada 01 November 2020 dan dimulai pada pukul 06.55 WIB untuk registrasi dan sidak peserta. Setelah itu, ada pengondisian peserta dan pembukaan oleh sdr. Muhammad Irfansyah dan sdri. Nabilla Carissa selaku MC. Dilanjutkan dengan pembacaan Tilawah oleh sdr. Gumna Al Wasi. Lalu, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PGSD, dan Totalitas Perjuangan. Kemudian, ada materi Diskusi Pendidikan oleh sdr. Prasetyo Wiguna dan sdri. Synthia Lanie. Setelah materi, ada ice breaking, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi Mekanisme Persidangan oleh sdr. Bagas Dwi Ajarwanto. Selesai materi Mekanisme Persidangan, ada ISHOMA untuk istirahat sejenak. Kemudian, rangkaian acara dilanjutkan dan diawali dengan pengondisian serta ice breaking. Lalu, penyampaian materi Pergerakan Mahasiswa yang disampaikan oleh sdr. Yogi Hendra Tama. Penutupan rangkaian acara Pass 1 PTC diawali dengan membaca doa penutup secara bersama-sama.
 

Pass 2 PTC 2020 dilaksanakan pada 07 November 2020 dan dimulai pada pukul 06.45 WIB untuk registrasi dan sidak peserta. Lalu, dilanjutkan dengan mentoring organisasi yang dilakukan bersama fasilitator masing-masing kelompok. Setelah itu, peserta kembali lagi memasuki Zoom Clouds Meeting untuk melanjutkan rangkaian acara. Sebelum memulai rangkaian acara, terdapat pengondisian peserta terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh sdr. Muhammad Irfansyah dan sdri. Dwi Putri selaku MC, serta pembacaan tilawah oleh sdr. Gumna Al Wasi. Materi pertama di rangkaian Pass 2 ini ialah materi Kapita Selekta Legislatif yang disampaikan oleh sdr. Idham Kholid. Lalu, dilanjutkan dengan ice breaking dan pemaparan materi kedua, yakni materi Materi Kapita Selekta Eksekutif, dan Manajemen Organisasi yang disampaikan oleh sdr. Hafidh Taqiyyudin Albani dan sdr. Rengga Gerung Handaru. Setelah materi kedua dan ISHOMA, acara dimulai kembali dan diawali dengan pengondisian peserta. Setelah itu, terdapat pembacaan pelanggaran oleh sdr. Dian Ayu Oktavia. Kemudian, dokumentasi foto bersama, membaca doa dan penutupan rangkaian acara oleh MC.
 

Pasca PTC 2020 dilaksanakan pada 08 November 2020 dan dimulai pukul 07.49 WIB untuk presensi dan sidak peserta. Lalu, dilanjutkan dengan pengondisian peserta, pembukaan oleh sdr. Prasetyo Wiguna dan sdri. Ayu Amalia selaku MC, pembacaan tilawah oleh sdr. Gumna Al Wasi, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PGSD, dan Totalitas Perjuangan. Kemudian, ada penayangan video perkenalan panitia dan video pentas seni yang pertama dari beberapa kelompok. Lalu, ada ice breaking dan dilanjutkan dengan penayangan video pentas seni yang kedua, serta ISHOMA. Setelah itu, ada pengondisian peserta yang dilanjutkan dengan pengumuman penugasan angkatan, pengumuman peserta terbaik putra, dan peserta terbaik putri. Kemudian, ada penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan peserta, perwakilan BEMP PGSD FIP UNJ 2020, dan perwakilan BEM FIP UNJ 2020. Sebelum rangkaian acara ditutup, terdapat pengisian angket oleh peserta dan dokumentasi foto bersama. Selanjutnya, rangkaian acara Pasca PTC 2020 ditutup dengan membaca doa.
 

Itulah rangkaian acara selama PTC 2020. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari para peserta, yakni Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar tahun 2019 dan 2020. Tetap semangat dalam berjuang untuk menjadi pemimpin yang baik.

Komentar