Press Release PGSD FESTIVAL 2020

PGSD FESTIVAL 2020 merupakan salah satu program kerja Departemen Minat dan Bakat Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 2020 (BEMP PGSD FIP UNJ 2020) yang menyediakan perlombaan baik kepada para mahasiswa prodi PGSD FIP UNJ maupun mahasiswa umum bahkan ada pula perlombaan untuk siswa sekolah dasar. Perlombaan ini merupakan wadah untuk mengasah minat dan bakat mahasiswa PGSD UNJ sekaligus generasi muda diluar PGSD FIP UNJ. PGSD FESTIVAL tahun ini mengusung tema FUNHOUSE (Fabulous Activity in House). Kegiatan ini terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu Opening, Competition, dan Closing. Opening yang dilaksanakan pada tanggal 14 November 2020, lalu untuk Competition dilaksanakan pada tanggal 05-20 November dan mengalami perpanjangan hingga tanggal 25 November 2020, lalu yang terakhir ada Closing pada tanggal 28 November 2020 melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting. Untuk tahun ini PGSD FESTIVAL mengadakan 6 perlombaan, diantaranya adalah Baca Puisi Siswa SD, Cover Lagu, Tari Kreasi TikTok, Poster Digital, Fotografi, dan Mobile Legends.
Opening PGSD FESTIVAL 2020 dilaksanakan pada 14 November 2020 dan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Adapun di Opening ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan, antara lain pembukaan oleh MC sdri. Nadia Virdha dan sdri. Tri Suci. Selanjutnya, tilawah oleh sdr. Febytian dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sambutan serta peresmian oleh Ibu Yustia Suntari, M.pd selaku Dosen kemahasiswaan PGSD FIP UNJ dan sambutan oleh sdr. Muhammad Alfauzan selaku Ketua Pelaksana, dan sdr. Ridwan Nurrahman selaku Ketua BEMP PGSD FIP UNJ 2020. Setelah sambutan, terdapat penayangan video persembahan dari anak-anak sekolah dasar yang menyanyikan lagu Guruku Tersayang. Kemudian, dilanjut dengan penayangan video tari dari komunitas di PGSD FIP UNJ yaitu Sendratari. Setelah itu, ada penayangan video persembahan dari perwakilan angkatan 2020. Lalu, dilanjut dengan penampilan dari komunitas menyanyi di PGSD FIP UNJ yaitu Asik PGSD. Setelah penampilan Asik PGSD, dilanjutkan dengan penayangan video teaser dan penutupan acara pada pukul 11.30 WIB.
Competition PGSD FESTIVAL 2020 dilaksanakan pada tanggal 05-20 November 2020 dan diperpanjang hingga tanggal 25 November 2020. Untuk perlombaan Mobile Legends pendaftaran hanya sampai tanggal 10 November 2020. Perlombaan Mobile Legends round 1 dilaksanakan pada tanggal 16 November 2020, semifinal berlangsung pada tanggal 18 November 2020 dan final berlangsung pada tanggal 21 November 2020.
Closing PGSD FESTIVAL 2020 dilaksanakan pada 28 November 2020 dan dimulai pada pukul 09.41 WIB pembukaan oleh MC, tilawah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu, dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua pelaksana yaitu Muhammad Alfauzan, sambutan ketua BEMP PGSD FIP UNJ Ridwan Nurrahman, dan sambutan oleh Koor Prodi PGSD yaitu Bapak Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd. Setelah itu, dilanjutkan dengan penampilan Asik PGSD pada pukul 10.07 WIB. Setelah penampilan Asik PGSD, lalu pengumuman pemenang lomba Mobile Legends, lomba puisi siswa SD beserta penampilan juara 1, dan pengumuman lomba fotografi serta poster digital. Lalu, setelah itu dilanjutkan dengan penampilan perwakilan angkatan 2019 yaitu Sdri. Inggit, Gina, Rini dengan menyanyikan lagu Melukis Senja – Budi Doremi dan Siapkah Tuk Jatuh Cinta Lagi – HiVi. Setelah penampilan tersebut, dilanjutkan dengan pengumuman lomba cover lagu dan tari kreasi tiktok beserta penampilan juara 1. Setelah pengumuman lomba, dilanjut dengan penampilan perwakilan panitia dan Teman Seminggu lalu penutupan acara pada pukul 11.44 WIB.
Itulah rangkaian acara selama PGSD FESTIVAL 2020. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari para peserta perlombaan PGSD FESTIVAL 2020. Tetap semangat dan terus kembangkan segala potensi dan bakat dalam diri.

Komentar